Tim SAR Evakuasi Pemancing Tersesat di Tebing Lhok Mata Ie Aceh Besar

Merdeka. com – Awak SAR mengevakuasi seorang pemancing yang tersesat di kawasan pantai tebing Lhok Mata Ie, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar.

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Banda Aceh Budiono di Banda Aceh, Jumat, mengatakan korban segera Murdani (45), warga Montasik, Kabupaten Aceh Besar.

“Korban tersesat saat mencari lokasi menghasut di sekitar tebing pantai Lhok Mata Ie, Kamis (20/8) sekira pukul 18. 30 WIB. Tetapi, setelah mencari lokasi, korban tidak tahu jalan kembali, ” prawacana Budiono seperti dilansir antara.

Budiono menyebutkan Basarnas Banda Aceh menerima informasi korban tersesat dari masyarakat pukul 19. 35 WIB. Dari informasi tersebut, tim SAR dikerahkan mencari korban ke lokasi.

“Satu awak dengan peralatan lengkap bergerak ke lokasi menggunakan perahu karet RIB dengan jarak tempuh kurang dari satu jam. Cuaca saat metode penyelamatan cerah berawan, ” sebutan Budiono menyebutkan.

Muncul di lokasi, tim SAR langsung mencari korban. Korban akhirnya terlihat di tepi tebing pantai Lhok Mata Ie dalam kondisi aman. Namun, untuk menjangkau korban, harus dilakukan dengan berenang.

Selanjutnya, dua anggota tim SAR mengevakuasi korban dengan cara berenang. Korban dievakuasi dari tepi tebing tersebut menggunakan alat bantu apung-apung ke perahu karet RIB.

“Setelah berhasil dibawa ke atas perahu, korban langsung dibawa ke Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, untuk selanjutnya diserahkan pada keluarga, ” kata Budiono. [bal]