Satgas Covid-19 Minta Masyarakat Segera Lakukan Tes Usai Berkerumun Tanpa Prokes

Merdeka. com kacau Kepala Sub Bidang Tracking #SatgasCovid19, Kusmedi Priharto mengimbau kepada masyarakat setelah menyelenggarakan perkumpulan dan tidak disertai protokol kesehatan segera melakukan testing dalam Puskesmas. Hal tersebut bertujuan supaya lebih cepat mendeteksi adanya paparan virus Covid-19.

“Kalau anda sehabis bertemu atau berhimpun di tempat orang yang bayak, di situ tidak ada aturan itu saatnya anda datang ke puskesmas dan menanyakan kira-kira hamba tertular apa tidak. Biar orang puskesmas yang mengambil keputusan tersebut, ” katanya di Media Center Satgas Covid-19 yang diunggah akun Youtube BNPB, Selasa (24/11).

Dia mengimbau agar menyelenggarakan testing 1 minggu sekali. Peristiwa tersebut sesuai dengan anjuran sistem kesehatan dunia (WHO).

“Sebenarnya testing di rumah kecil sebaiknya seorang dokter atau gaya medis minimal 2 minggu seluruhnya, melakukan testing atau 1 minggu dari WHO kita melakukan testing bergejala atau pun tidak bergejala. Itu menjelaskan penyakit ini kala gejalanya ada, maka testinglah, ” ungkapnya.

Kusmedi menjelaskan, testing yang dilakukan masyarakat zaman ini tidak berat. Sebab pemerintah sudah menyediakan fasilitas tersebut.

“Walau terkadang masyarakat mau pelayanan lebih, di Puskesmas kalau bergejala Covid-19 itu gratis, ” terangnya.

Dia menerangkan nantinya jika masyarakat yang merasa ada gejala akan dites meniti metode antigen. Hasilnya pun sekapur Kusmedi bisa diketahui 10-15 menit apakah positif atau tidak.

“Jika positif, Satgas telah menyediakan untuk mereka melakukan isolasi baik itu wisma atlet dan hotel-hotel, ” tutup Kusmedi. [fik]