Pulang Beli Sabu di Kampung Boncos Palmerah, Pencari Suaka Asal Iran Ditangkap Polisi

Merdeka. com – Polisi menangkap seorang warga negara asing asal Iran berinisial RH (40). Pencari suaka itu ditangkap polisi sesudah membeli sabu di Kampung Boncos, Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (16/9).

“Kami menangkap RH, seorang dokter asal Iran pencari perlindungan saat ia baru saja mengambil sabu, ” kata Kapolsek Palmerah Kompol Supriyanto dalam keterangan tertulisnya, Minggu (20/9).

Supriyanto melanjutkan, RH setiap hari letak di salah satu Unit Aparteman Green Pramuka Jakarta Pusat. Sebagai seorang pencari suaka, RH telah berada di Indonesia sejak 2019.

“Dia tergabung di dalam United Nations High Commissioner for Refugees; (UNHCR) atau organisasi formal PBB pencari swaka yang bekedudukan di Jakarta, ” ujar Supriyanto.

Penangkapan pelaku setelah polisi melakukan patrolib rutin. Era itu, polisi mendapat informasi tersedia WNA membeli sabu di Zona Boncos, Kota Bambu Selatan, Palmerah, Jakarta Barat.

“Anggota mencurigai seorang laki laki muncul dari salah satu gang boncos. Orang itu si tersangka itu bernama Reza Hosseini (RH) awak luar Negeri dari Iran, ” imbuh Supriyanto.

Kecuriragaan polisi terhadap RH terbukti zaman menggeledah tubuhnya. Barang bukti sabu ditemukan tengah digenggam di tangan sebelah kirinya

“Dia bawa itu menggenggam sabu ditangan kiri, ” ungkap Supriyanto.

RH mengaku mendapatkan bahan haram itu dari seorang tidak dikenal. Dia pun digiring ke Mapolsek Palmerah untuk diperiksa lebih jauh lagi.

“Menurut pengakuan RH, sabu dibelinya seharga Rp 200 ribu seberat nol koma sekian gram dari seorang laki-laki yang tidak kenal namanya dan dipakai untuk diri tunggal, ” Supriyanto menandasi.

Atas perbuatannya, RH dikenakan Perkara 112 dan 114 Undang-undang Narkotika nomor 35 tahun 2009 dengan ancaman 10 tahun penjara.

Reporter: Muhammad Radityo Priyasmono
Sumber: Liputan6. com [gil]