Pemulihan Ekonomi, Pemprov Jabar Berikan Bantuan Rp 60, 5 Miliar ke Pemkab Bogor

Merdeka. com – Pemerintah Kabupaten Bogor mendapatkan persediaan hibah dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang bersumber dari pinjaman (utang) sebesar Rp 1, 8 triliun, Kamis (24/9).

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan, Gubernur Ridwan Kamil meminta 23 kota/kabupaten di Jawa Barat untuk mendukungnya dalam penggunaan dana pinjaman itu sebagai dana talangan.

Pinjaman itu diajukan ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) untuk percepatan pemulihan ekonomi di tengah Pandemi Covid-19. Dari pinjaman Rp 1, 8 triliun, Pemkab Bogor dijatah Rp 60, 5 miliar.

“Video conference tadi, gubernur minta sokongan dari 23 kota/kabupaten untuk pinjaman modal keuangan untuk kemudian dihibahkan ke kabupaten/kota di Jawa Barat, ” kata Iwan, Kamis (24/9).

Iwan menerangkan, pinjaman itu dipilih karena Pemprov Jawa Barat mengalami defisit anggaran buat diberikan kepada daerah tingkat II, usai adanya realokasi anggaran untuk penanganan Covid-19.

“Anggaran yang diberikan itu, hanya bisa digunakan untuk pemulihan ekonomi kelompok, penyerapan tenaga kerja dan pelepasan kebutuhan masyarakat, ” tutupnya. [fik]