Moralitas Kasus Covid-19 Meningkat, Sehari 1 Jenazah Dimakamkan di Palembang

Merdeka. com – Kasus kematian anak obat Covid-19 di Sumatera Selatan menyusun selama bulan ini. Paling tak dalam satu hari ada mulia jenazah yang dimakamkan di Wadah Pemakaman Umum (TPU) khusus di Kecamatan Gandus Palembang.

Kasi Pemakaman Dinas Perumahan Kaum dan Kawasan Permukiman Palembang Sarjan mengungkapkan, lonjakan kematian terjadi semenjak Juni 2020 dan menurun semasa dua bulan berikutnya. Lonjakan balik terjadi memasuki September 2020 dengan hampir rata-rata satu jenazah dimakamkan di TPU tersebut.

“Di bulan ini kembali meningkat, sampai sekarang sudah 21 jenazah dimakamkan atau rata-rata satu jenazah dalam sehari, ” katanya, Jumat (18/9).

Dalam catatannya, kebanyakan pasien Covid-19 yang wafat telah berumur atau berusia di atas 40 tahun. Beberapa bulan lalu, petugas pemakaman sempat kewalahan karena harus memakamkan 16 jenazah dalam sehari.

“Sejauh ini tidak ada masalah, tersedia petugas pemakaman khusus dipekerjakan dalam sana, ” ujarnya.

Meski terjadi lonjakan, Sarjan mengecap TPU Gandus seluas lima hektar itu masih mampu menampung jenazah pasien corona sehingga belum direncanakan pindah ke lahan lain. Zaman ini sudah 312 dari total 320 jenazah yang dimakamkan dalam sana.

“Dari luasan itu, makam khusus corona disiapkan satu hektar lebih, baru terisi 312 makam dan 50 makam umum. Artinya masih cukup besar lahan yang belum terpakai, ” pungkasnya. [fik]