Menko Airlangga Sebut Ekonomi RI Mulai Pulih di Kuartal III-2020

Merdeka. com – Menteri Koordinator Bagian Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebut bahwa perlambatan terdalam pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah terjadi di kuartal II-2020. Maka, di kuartal III & kuartal IV-2020 perekonomian domestik dipercaya akan memasuki tahap pemulihan.

“Saya memperkirakan pertumbuhan ekonomi domestik di kuartal III-2020 bakal tumbuh di kisaran -3 upah hingga 0 persen, ” ungkapnya pada webinar, Sabtu (24/10).

Airlangga juga memperkirakan perekonomian di kuartal III masih terkontraksi, namun proyeksinya jauh lebih indah dibanding pertumbuhan ekonomi kuartal II 2020 yang sebesar -5, 3 persen.

“Sudah ada 215 negara banyak yang menikmati resesi, lalu bagaimana Indonesia? Kita lihat Indonesia sudah masuk dasar perlambatan di kuartal II. Kok? kita berharap di kuartal III lebih baik ya mungkin lantaran -3 sampai 0 persen, ” katanya.

Sementara tersebut, laju pemulihan perekonomian sudah tampak dengan berbagai indikator seperti realisasi pertumbuhan investasi yang naik sebesar 1, 7 persen secara tahunan atau Rp616, 6 triliun kurun Januari-September 2020, dan juga kemampuan ekspor-impor yang secara kumulatif tarikh berjalan masih mencetak surplus.

Pada September 2020, penimbang perdagangan Indonesia sudah mencetak surplus USD 2, 44 miliar. Namun Airlangga mengakui terdapat kendala terpaut tertahannya permintaan (demand) masyarakat, dengan menyebabkan masih melambatnya konsumsi kelompok. Padahal pengeluaran konsumsi domestik menyimpan peranan hingga 59 persen lantaran Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Reporter Magang: Brigitta Belia [idr]