Menkes Prediksi Virus Corona Varian Baru B 117 Besar 8 Bulan ke Ajaran di RI

Info seputar SGP Hari Ini 2020 – 2021.

Merdeka. com kepala Gajah Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menyebut, virus corona varian baru B 117 lantaran Inggris sudah masuk ke Indonesia. Adapun jumlahnya saat ini baru mencapai kira-kira 10 orang.

Menkes Budi menjelaskan dari 10 orang tersebut, empat di antaranya masuk daripada luar, yakni lewat gaya migran Indonesia yang muncul dari Saudi Arabia. Sementara enam dari penularan transmisi lokal terjadi di 4 provinsi, di antaranya Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Barat, dan Kalimantan Daksina.

“Ini dengan kita meski jaga dengan hati hati. Mereka sedang sedikit karena baru meresap dan terdeteksi di Januari, tapi melihat penyebaran benar cepat, ” katanya usai meninjau Proses Vaksinasi Industri Keuangan Non Bank buat Lansia, Selasa (27/4).

Dia menyebut, penyebaran virus corona varian baru B 117 baru mau menjadi varian dominan kira-kira 8-10 bulan ke ajaran. Artinya pada saat itu terjadi maka akan membahayakan bagi Indonesia.

“Sekarang apa yang kita lakukan kita sekarang menjaga border kita pintu keluar merembes kita jaga, bukan cuma dari India tapi Sudi Arabia yang membawa varian baru itu, ” jelasnya.

Sebelumnya, perut Warga Negara Indonesia (WNI) yang terjangkit virus corona varian baru B 117 UK sudah dinyatakan sehat. Satu orang antara lain diketahui sudah berada di Brebes.

Diketahui, dua orang tersebut merupakan praktisi migran berinisial A (45) dan M (40). M pulang ke Indonesia memakai pesawat Qatar Airways dengan terpisah pada 28 Januari 2021. Sedangkan, A pulang menggunakan pesawat Garuda Nusantara.

M itu menjalani karantina dan dites PCR bersama puluhan pengikut yang lain. Hasilnya tujuh orang terkonfirmasi positif Covid-19. Tiga orang dari Karawang, dua dari Cianjur, kepala orang dari Kota Bekasi satu, dan satu lantaran Sukabumi. Dari situ juga M terkonfirmasi virus corona varian baru B. 1. 1. 7,

A sendiri terkonfirmasi terjangkit virus corona varian terakhir berdasarkan hasil PCR. Masa itu, pengetesan dilakukan bersama 33 penumpang lain. A dan M kembali ke Karawang dinyatakan negatif sesudah menjalani isolasi atau karantina di Wisma Pademangan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Karawang Nanik Jodjana menjelaskan A saat ini berada dalam kampung halamannya di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Diketahui, A menikah dengan suaminya warga Karawang.

“Tidak di-tracing di sini (Karawang), dia langsung pulang ke kampungnya di Brebes. Sudah ada koordinasi dengan Kemenkes, dan juga Satgas Covid di Brebes. Saat ini kondisi si A baik dan sedang di-tracing, ” kata dia, Kamis (4/3).

Sedangkan M, dipastikan berada pada rumahnya. Pihak satgas telah melakukan testing terhadap orang dekat. “Jadi anak, kakek, anak, dan calon suami ya sudah di-tracing di tempat tinggalnya, Kecamatan Lemahabang, ” terang dia. [ded]