Menhub Budi: Pelabuhan Patimban akan Oleh sebab itu Titik Kekuatan Ekonomi

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SDY 2020 – 2021.

Merdeka. com – Menteri Perhubungan Budi Susunan Sumadi mengatakan, kawasan Pelabuhan Patimban akan menjadi salah satu bercak kekuatan ekonomi dengan multiplier effect yang besar, sebab akan banyak industri yang tumbuh di medan tersebut. Selain menciptakan lapangan kerja, pelabuhan Patimban juga bakal mendorong ekonomi daerah.

“Jadi nanti terjadi suatu klaster kota baru yang besar, yang menghidupkan masyarakat dengan kurang lebih, jika Pak Gubernur (Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil) bilang, 1 juta orang di sana, mereka akan mendapatkan pendapatan dari efek (pembangunan) Patimban, ” ujar Menhub Watak dalam Webinar Kemenhub 3: Pangkalan Patimban dan Kinerja Logistik Nasional, Jumat (27/11).

Dia menjelaskan, masyarakat di kawasan Pelabuhan Patimban sebagian besar akan hidup sebagai petugas pelabuhan. Kendati, dengan munculnya industri lain, maka lapangan kerja yang tersedia akan semakin beragam.

“Ini jadi suatu titik kekuatan yang luar biasa. Bentuk lokomotifnya sudah tersedia jalan tol, kereta api, ” imbuhnya.

Kawasan Pangkalan Patimban, secara garis besar, hendak dibagi menjadi kawasan pelabuhan serta kawasan perkotaan. Di kawasan pangkalan akan dibangun pelabuhan itu tunggal, industri yang berkaitan hingga gudangnya.

Sementara di kawasan perkotaan, akan dibangun area residensial, komersial hingga mixed use. “Di sana kita rencanakan juga tersedia kantor, hotel, jadi ini mampu disinergikan. Lalu di kawasan menguntungkan ada mall, pasar, warung & sebagainya, ” jelasnya.

Tentunya, pengembangan kawasan tersebut harus memikirkan seluruh aspek, mulai lantaran segi pekerja, pekerjaan, trafik, hingga layanan hiburan. “Industri ini kudu saling bertautan. Kita harus memikirkan bagaimana industri bisa bertanggung tanggungan terhadap pengembangan kawasan yang ada dan akan datang, ” tandasnya.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6. com [azz]