Menahan Penyebaran Covid-19, Malaysia Larang Kedatangan WNI

Merdeka. com – Negeri Malaysia telah mengeluarkan aturan larangan untuk warga negara Indonesia (WNI) masuk ke wilayahnya pada keadaan ini (7/9). Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI Teuku Faizasyah membenarkan hal tersebut. Tempat menjelaskan bukan hanya WNI selalu melainkan negara lain.

“Sudah diumumkan pihak Malaysia pemberlakuannya mulai hari ini dan diterapkan untuk warga negara dari banyak negara, termasuk AS, India, Brazil, ” kata Teuku saat dihubungi merdeka. com, Jakarta , Senin (7/9).

Teuku menjelaskan larangan tersebut valid untuk pemegang izin tinggal masa panjang, pelajar hingga anggota tanggungan warga Malaysia. Menurut dia tak ada masalah bagi WNI berada di Malaysia.

“Tidak ada. Bila mereka tinggalkan Malaysia, akan sulit kembali ke kian. Hal ini yang perlu dipertimbangkan mereka, ” ungkap Teuku.

Sebelumnya diketahui pada Selasa (1/9) lalu Malaysia akan melarang warga negara India, Indonesia, & Filipina untuk memasuki wilayah mereka. Dikutip dari Bloomberg. com, Gajah Pertahanan Malaysia Ismail Sabri Yaakob mengatakan pemblokiran tersebut diperuntukkan buat warga negara asing yang memiliki izin masuk jangka panjang, anak sekolah, ekspatriat, penduduk tetap, serta anggota keluarga Malaysia.

Ismail pun mengatakan pihaknya akan tetap memantau situasi jika ada penambahan kasus di negara lain. Nantinya jika terdapat peningkatan kasus, pihaknya akan melakukan perluasan pembatasan untuk menekan angka kasus Covid-19 di Malaysia.

Diketahui patuh data worldometers. info, Filipina memiliki jumlah kasus Covid-19 terbesar di Asia Tenggara diikuti Indonesia. Tengah itu India saat ini beruang di posisi kedua yang sudah mencapai 4, 2 juta kasus. [ded]