Kemenkes Imbau Jemaah Tak Bawa Anak di Bawah ten Tahun saat Tarawih di Masjid

Info seputar SGP Hari Ini 2020 – 2021.

Merdeka. com – Kementerian Kesehatan mengimbau umat Islam bukan membawa anak di bawah 10 tahun saat melaksanakan salat tarawih di masjid. Imbauan ini untuk melindungi anak-anak dari penularan Covid-19 di tempat ibadah.

“Kami mengimbau tuk para masyarakat tidak perlu rasanya membawa anak berusia di bawah 10 tahun untuk ikut melakukan salat tarawih bersama, ” kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi, Selasa (13/4).

Jika terpaksa membawa anak di bawah 10 tahun ke masjid, orang tua harus memastikan mereka bisa duduk dengan benar lalu mengikuti rangkaian salat tarawih. Orang tua juga harus memastikan anak menerapkan protokol kesehatan dengan benar.

“Karena penting untuk anak-anak, selain menjaga anak-anak tersebut tidak berisiko mendapatkan penularan, tapi juga menjaga anak tersebut menularkan kepada orang lain, ” ujarnya.

Juru bicara vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan ini juga meminta jemaah yang ingin melaksanakan salat tarawih dan tadarus di masjid membawa perlengkapan ibadah masing-masing. Jemaah harus menjaga jarak minimal satu meter serta mengenakan masker dengan benar.

“Pastikan seluruh jemaah mengenakan masker dengan benar. Artinya banyak yang memakai masker tapi mungkin tidak digunakan secara benar. Ini menjadi kewajiban kita semua untuk mengingatkan jemaah lain tuk keselamatan kita bersama, inch ucapnya.

Selain itu, Nadia mengingatkan pengurus masjid menyediakan fasilitas cuci tangan, pengecekan suhu tubuh dan masker. Jika ada jemaah tidak memakai masker, pengurus masjid wajib memberikan masker secara gratis buat mencegah penularan Covid-19.

“Jangan lupa masjid harus melakukan desinfeksi secara teratur setiap hari buat menjamin bahwa kebersihan dan upaya-upaya pencegahan tetap diterapkan, ” sambungnya. [yan]