Ini Penyebab Ambulans Antre Masuk ke Wisma Atlet

Lepas. com – Sebuah video viral memperlihatkan sebesar mobil ambulans berjejer cukup panjang di depan Rumah Sakit Gawat Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat. Terlihat ambulans mengantre untuk mendalam ke dalam Wisma Atlet.

Terkait hal tersebut, Pengantara Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad), Brigjen Muhammad Saleh Mustafa menjelaskan, video tersebut adalah antrean daftar registrasi pasien Covid-19 dan orang tanpa gejala yang berlaku pada Senin (14/9).

“Kemarin malam itu, antrean daftar registrasi aja. Karena memang penuh dari Puskesmas ke Wisma Atlet, ” katanya kepada wartawan, Selasa (15/9).

Dia menjelaskan, pasien yang datang dari segenap puskesmas ke Wisma Atlet menyentuh 100 orang. Hal tersebut membuahkan mobil ambulans mengantre.

“Iya, karena memang banyak. Dibanding Puskesmas, ke wisma itu sampe 100 an orang, ” membuka Saleh.

Walaupun registrasi tidak lama, namun antrean terjadi juga lantaran terbatasnya fasilitas dalam instalasi gawat darurat (IGD).

“Enggak lama, tetapi jika orang yang OTG fasilitas terpatok orang. Karena IGD juga sendat. Sebab fasilitas untuk OTG dan ada gejala berbeda, ” tutupnya. [fik]