Gempa Susulan Magnitudo 5, 2 Guncang Nias Barat

Info seputar HK Prize 2020 – 2021.

Merdeka. com – Gempa bumi susulan berdaya magnitudo 5, 2 mengguncang barat daya Nias Barat, Sumatera Utara. Situs Pranata Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan gempa itu terjadi pukul 14. 16 WIB, Jumat (14/5) pukul 14. 16. 04 WIB.

“Tidak berpotensi Tsunami, ” tulis BMKG dikutip merdeka. com.

Gempa tersebut berpusat di titik 0. 21 LU, 96. 58 BT atau 129 kilometer Barat Daya Nias Barat. Gempa itu terjadi di kedalaman 10 kilometer.

Sebelumnya, pukul 13. 33 WIB, Nias Barat diguncang gempa magnitudo 7, 2. BMKG mencatat, pusat gempa tersebut berada di koordinat 0. 10 LU, 96. 53 BT atau 141 km Barat Daya Nias Barat, Sumut. BMKG membicarakan pusat gempa terjadi pada kedalaman 19 kilometer.

Guncangan gempa bumi itu dirasakan di Bukit Sitoli, Kabupaten Nias III-IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh massa dalam rumah ), Banda Aceh III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa seakan akan truk berlalu), Aek Godang, Aceh Tengah II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Tenggat saat ini belum tersedia laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa dunia tersebut. Masyarakat diimbau biar tetap tenang dan tak terpengaruh oleh isu dengan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Masyarakat diimbau untuk menghindari dari bangunan yang retak atau hancur diakibatkan oleh gempa, serta memastikan bangunan tempat susunan cukup tahan gempa atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah. [gil]