Elektrifikasi Pertanian Buah Naga di Banyuwangi Naikkan Omzet Petani

Promo menarik pada undian Data HK 2020 – 2021.

Merdeka. com – PT PLN melalui rencana PLN Peduli melakukan elektrifikasi pertanian buah naga di Banyuwangi untuk meningkatkan produksi buah naga di asing musim panen. Di mana PLN memberikan aliran listrik di suangi hari dan di setiap pohon untuk membantu proses panen Pokok Naga agar hasilnya lebih lekas dan lebih baik.

General Manager PLN UID Jawa Timur Nyoman S Astawa mengucapkan, pertanian buah naga di Banyuwangi menjadi produk unggulan bagi wilayah tersebut sebab hasil panen pokok naga ini telah mencapai sejumlah kota besar di Indonesia maka menjadi komoditi ekspor.

Penanganan yang maksimal ditambah permutasi petani yang semakin masif membina tingkat produktivitas hasil panen buah naga semakin tinggi. Salah satunya dengan memberikan penerangan lampu dalam tanaman buah naga petani untuk menghasilkan panen sepanjang tahun.

PLN juga menginisiasi integrasi sektor pertanian dan pariwisata petik buah naga dengan melibatkan stakeholder terkait serta memberikan promo fasilitas bagi petani buah naga. Berangkat dari diskon pasang baru, potongan (harga) tambah data, tarif khusus penyambungan sementara, jemput bola registrasi, dialog teknis IML, pembayaran dengan cicilan dan lainnya.

“Hingga 2020 terdapat 3. 659 hektar ladang buah naga berlistrik dengan produksinya mencapai 944. 022 Ton serta menyerap tenaga kerja sebanyak 9. 720 orang, ” cakap Nyoman S Astawa, Kamis (26/11).

Salah seorang petani buah naga, Husnul Ibad mengatakan, program ini juga memberikan pengaruh yang besar. “Sebelum memakai lampu penghasilan untuk 3/4 Hektar cuma mencapai Rp 150 juta akan tetapi sekarang bisa berbunga di sungguh musim sehingga pendapatan bisa kira-kira Rp 500 juta per tahunnya, ” ungkap Husnul.

Dengan bertambahnya omzet dari petani di luar musim panen, mau memberikan dampak terhadap proporsi warga terhadap akses layanan dasar, penambahan sanitasi semakin baik karena perbaikan kualitas kehidupan, serta bertambahnya warga yang mendapatkan penerangan melalui listrik PLN. [azz]