DPR Setujui Pembentukan Kemendikbud Ristek dan Kementerian Investasi

Jackpot hari ini Result HK 2020 – 2021.

Merdeka. com – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui penggabungan dan pendirian kementerian baru. Yaitu penggabungan sebagian tugas Kementerian Penelitian dan Teknologi dengan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan jadi menjadi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek. Serta pembentukan Kementerian baru yaitu Kementerian Investasi dan Penciptaan Lapangan Kerja.

Dalam rapat paripurna, seluruh fraksi menyatakan persetujuan pembentukan Departemen Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek, serta Kementerian Investasi dan Penciptaan Lapangan Kerja.

“Kami selaku pimpinan rapat akan menanyakan kepada sidang dewan yang mulia, apakah hasil keputusan kerap Bamus pengganti rapat konsultasi terhadap pertimbangan penggabungan serta pembentukan kementerian dapat disetujui, ” ujar Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad dalam rapat lengkap di DPR, Jumat (9/4).

“Setuju, ” jawab anggota dewan yang hadir.

Sebelumnya DPR telah menerima tulisan presiden Nomor R-14/Pres/03/2021 peristiwa Pertimbangan Pengubahan Kementerian. Mengikuti telah ditindaklanjuti melalui kerap konsultasi pengganti rapat Bamus pada 8 April 2021 yang menyepakati penggabungan dan pembentukan Kementerian tersebut.

Dasco menjelaskan, pemungutan keputusan tentang penggabungan & pembentukan Kementerian itu bersandarkan Pasal 19 ayat satu UU 39/2008 tentang Departemen Negara.

“Yang menyatakan bahwa pengubahan sebagai akibat pemisahan atau penyatuan kementerian dilakukan dengan pertimbangan DPR, ” kata Dasco. [bal]