Curi 3 Burung Murai Senilai Rp70 Juta, 2 Pemuda Ditangkap Polisi di Garut

Promo menarik pada undian Data Sidney 2020 – 2021.

Merdeka. com – Dua pemuda asal Kabupaten Bandung, ditangkap petugas kepolisian Sektor Bayongbong, Resor Garut, Jawa Barat, Selasa (22/12). Kedua pemuda itu diciduk polisi karena salah satunya mencuri burung murai yang harganya puluhan juta rupiah .

Kapolsek Bayongbong, AKP Cecep Bambang mengatakan, bahwa dua pemuda tersebut diamankan di dua tempat berbeda. Salah satu pemuda diamankan saat tengah tidur di dalam mobil, sedangkan satunya lagi di persawahan sekitar wilayah Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut.

Ia mengungkapkan bahwa kedua pemuda tersebut diamankan berkaitan dengan dugaan pencurian burung murai yang dilakukan oleh salah satunya yang berinisial UG (21). “UG kedapatan mencuri burung milik korban atas nama Veri Noviansyah, ” ujarnya.

Aksi pencurian tersebut, dijelaskan Cecep, berawal saat keduanya yang diketahui adalah warga Kabupaten Bandung hendak menuju Garut Selatan menggunakan kendaraan bermobil roda empat. Di tengah perjalanan, di sekitar wilayah hukum Polsek Bayongbong, keduanya kelelahan sehingga salah satunya yang berinisial UT (34) tidur di dalam mobil.

“Saat UT tidur pada dalam mobil, UG ini ketika kita periksa mengaku keluar lalu mencari warung untuk membeli rokok. Saat hendak membeli rokok, dia mendengar suara burung yang dianggapnya menarik sehingga kemudian muncul hasrat untuk mengambilnya dari rumah korban, ” jelasnya.

Pelaku UG, sebut Kapolsek, saat tersebut langsung masuk ke rumah korban dan mendatangi burung yang bersuara di lantai dua rumah. Namun saat tengah berupaya mengambil burung, pemilik burung tersebut bangun serta mengetahui aksinya.

Sadar aksi pencuriannya diketahui, lanjut Bambang, UG pun langsung loncat dari lantai dua dan langsung melarikan diri di area persawahan pada sekitarnya. Korban saat itu langsung melapor kepada pihaknya.

“Kita langsung terjunkan tim buat menangkap, ” sebutnya.

Pelaku UG akhirnya bisa ditangkap pihaknya di area persawahan dikarenakan tidak bisa berlari lebih jauh usai mendapatkan luka di bagian kakinya saat loncat dari lantai dua rumah. Setelah menangkap UG, pihaknya pun langsung mengamankan LACE di dalam mobil yang sedang tidur.

“Apakah UT ada kaitannya dengan UG masih kita kembangkan. Saat ini UG sudah mendapatkan perawatan. Upaya pencurian yang dilakukan UG, menyebabkan korban mengalami kerugian Rp 70 juta karena 3 ekor burung murai miliknya kabur saat UG melarikan diri, ” tutupnya. [gil]