BMKG Catat 142 Gempa pada Samosir sejak Januari 2021, Hari Ini Terdeteksi 44 Kali

Promo menarik pada undian Data Sidney 2020 – 2021.

Merdeka. com – Balai Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah 1 Daerah mencatat 142 gempa dunia di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, sejak Januari had 11 Mei 2021. Istimewa hari ini terdeteksi 44 kali gempa.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Hartanto di Medan, Selasa (11/5), mengatakan, monitoring kejadian gempa bumi di Samosir terus dilakukan, mengingat seringnya berlaku gempa di daerah tersebut.

“Hari itu saja ada 44 kali kejadian gempa bumi pada Samosir sehingga total daripada Januari hingga 11 Mei 2021 ada 142 kejadian gempa, ” kata Hartanto.

Koordinator Data dan Informasi BBMKG Daerah I Medan Eridawati membaca, berdasarkan hasil analisis serta monitoring, gempa Samosir lulus unik dengan frekuensi kegempaan tinggi, berulang-ulang dan bersifat sangat lokal. Kondisi tersebut menggambarkan jenis kegempaan di kawasan Samosir dikategorikan swarm dan variasi magnitudonya nisbi kecil di bawah 4. Untuk sebaran epicenternya terkonsentarasi di Kecamatan Palipi, Nainggolan, dan Pangururan.

Peneliti Pusat Gempa Regional I Marzuki Sinambela memasukkan, BMKG telah memiliki sensor mini region yang telah beroperasi di kawasan Kolam Toba untuk memonitor serta mendeteksi gempa yang bersemangat lokal.

“Kejadian kegempaan Samosir dalam masa beberapa bulan ini selalu mendorong USK (Universitas Prabu Kuala) dan BMKG mencantumkan 20 sensor yang portable yang tersebar di tujuh Kabupaten di kawasan Danau Toba untuk penelitian lebih lanjut, ” jelasnya serupa dilansir Antara. [yan]