Biden Perintahkan Intelijen AS Selidiki Lagi Asal Usul Virus Corona

Info seputar HK Hari Ini 2020 – 2021.

Merdeka. com – Presiden Amerika Serikat Joe Biden kemarin memerintahkan intelijen untuk menyelami sejarah pandemi Covid-19, termasuk kemungkinan teori virus corona itu bocor dari laboratorium China.

Biden menuturkan komunitas intelijen AS terpecah soal apakah asal mula virus itu sejak suatu kecelakaan di lab. atau memang akibat dari kontak manusia dengan hewan yang sudah tertular virus corona.

Biden meminta komunitas intelijen menyampaikan laporan kepadanya dalam zaman 90 hari. Dia selalu memerintahkan laboratorium nasional GANDAR membantu dalam penyelidikan itu dan komunitas intelijen menyiapkan daftar permohonan yang mau disampaikan kepada pemerintah China. Biden menyerukan China mau bekerja sama dengan dunia internasional dalam penyelidikan asal usul pandemi Covid-19.

“Amerika Serikat mau terus bekerja sama dengan sejumlah rekanan yang sependapat di seluruh dunia untuk menekan China agar bersetuju bekerja sama secara terang untuk penyelidikan ini serta memberikan akses kepada semua data serta bukti dengan ada, ” kata Biden, seperti dilansir laman France 24, Kamis (27/5).

Kedutaan Besar China di AS mengecam kelakuan Biden yang dianggap mempolitisir isu ini.

“Kampanye hitam dan perilaku menyalahkan muncul lagi serta teori konspirasi soal kebocoran lab kembali lagi, ” kata pernyataan kedutaan pada pernyataannya yang muncul di situs resmi tanpa mengecap langsung pernyataan Biden.

“Mempolitisasi tradisi pandemi yang semestinya adalah kasus sains tidak hanya mau mempersulit upaya mencari pokok usul virus, tapi meluluskan kesempatan bagi ‘virus politik’ dan menghambat kerja persis internasional dalam menangani pandemi, ” kata Kedutaan China.

Sejak pertama kali diidentifikasi di Kota Wuhan, China pada akhir 2019, lebih dari 168 juta kasus positif Covid-19 terjadi di seluruh negeri dengan 3, 5 juta kematian yang dilaporkan. [pan]