Beker Dunia U-20, 3 Lapangan Pelajaran di Palembang Mulai Direnovasi

Merdeka. com – Tiga lapangan pelajaran Piala Dunia U-20 2021 dalam Palembang mulai dilakukan renovasi. Pengerjaan proyek ditarget paling lambat Mei tahun depan.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengaku sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat melalui Direktur Jenderal Cipta Karya Departemen Pekerja Umum dan Perumahan Anak buah (PUPR) terkait persiapan Sumsel menjadi tuan rumah. Hasilnya pemerintah berangkat mengerjakan proyek renovasi tiga venue eks Asian Games 2020 yaitu Stadion Atletik, Lapangan Panahan, & Lapangan Baseball, yang semuanya berada di Jakabaring Sport City Palembang.

“Alhamdulillah Sumsel dibantu penuh pemerintah pusat. Kita kebagian jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 dan disiapkan fasilitas pembantu selain stadion GSJ, ” ungkap Deru, Selasa (29/9).

Dia mengatakan, ketiga lapangan latihan itu akan mulai direnovasi oleh Kementerian PUPR pada Oktober 2020 bersamaan dengan paket proyek di Jawa Barat dan Jawa Timur. Tiga lapangan itu merupakan pembantu dari tempat latihan di gelanggang Bumi Sriwijaya Palembang yang pusat dalam pengerjaan.

“Mudah-mudahan Maret atau paling lambat Mei tahun depan semuanya sudah rampung, ” kata dia.

Dari informasi yang diterimanya, lapangan pendamping itu akan dibangun pantas standar FIFA dalam gelaran beker dunia. Fasilitas harus lengkap tiba dari lampu dengan kapasitas 800 lux untuk latihan pada suangi hari, drop off bus pemeran, hingga tersedianya ruang ganti dan toilet.

“Semuanya dalam make over sesuai standar beker dunia, beruntung kita dapat kesempatan itu, ” ujarnya.

Seraya tiga lapangan latihan direnovasi, perbaikan stadion GSJ sebagai wadah pertandingan juga dikebut, seperti lighting, rumput, bangku penonton, dan kebulatan lain. Dia memastikan seluruh infrastruktur akan dapat difungsikan saat lapik dimulai.

“Kami minta dukungan semua pihak, tak hanya pemerintah pusat tetapi warga Sumsel untuk menyukseskannya, ” pungkas tempat. [fik]