Antisipasi Arus Balik, Polri Siapkan 109 Pos Penyekatan Menuju Jabodetabek

Bonus harian di Keluaran HK 2020 – 2021.

Merdeka. com – Korps Berarakan Lintas (Kakorlantas) menyiapkan 109 titik check point buat memeriksa seluruh pengendara yang memasuki wilayah Jabodetabek.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono mengatakan, pemudik yang kembali ke kediamannya wajib membawa surat swab antigen atau PCR Swab test. Bagi yang tak membawa surat bebas Covid-19, akan dilakukan random check di lokasi yang ditentukan.

“Polri beriringan Satgas Covid-19 nasional dan daerah telah menyiapkan 109 titik check point, 26 di Rest area dan gate tol dan 83 di titik jalur cara jalan nasional, dari jawa dan Sumatera menuju Jakarta , ” katanya dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (15/5).

Dia memberikan perhatian khusus pada wilayah Sumatera memikirkan kasus konfirmasi positif Covid-19 di wilayah Sumatera mengalami kenaikan.

“Untuk wilayah Sumatera (Aceh datang Lampung) merupakan wilayah perhatian atlas Covid-19 oleh karenanya pra melakukan penyeberangan harus dilengkapi surat bebas Covid-19, ” ujar dia.

Karena itu, pada posko check point juga disediakan rapid test antigen dengan random yang dilaksanakan tiba hari ini. Adapun masa hasil random swab antigen menunjukkan positif akan dirujuk ke RS terdekat bertugas penanganan lebih lanjut.

“Bila hasil random test menunjukan positif langsung dirujuk RS terdekat dengan sudah ditunjuk, ” sah Istiono.

Dia meminta seluruh jajarannya buat melakukan pengawasan serta berkoordinasi dengan instansi terkait. Seluruh dinamika di lapangan diminta diambil keputusan dengan segera dan tepat.

“Terus dilakukan pengawasan & pengendalian terus menerus dan koordinasi dengan instansi terpaut untuk antisipasi dinamika pada lapangan yang setiap zaman bisa berubah, ” ungkapnya.

Sebelumnya, Istiono mengatakan puncak arus balik lebaran 2021 terjadi di dalam akhir pekan ini. Diprediksi jumlah pemudik yang balik ke wilayah Jabodetabek sekira 1, 5 juta karakter. Data itu merujuk lantaran dari Kementerian Perhubungan.

Reporter: Ady Anugrahadi
Sumber: Liputan6. com [fik]