Ancang-ancang Lurah Petamburan Jelang Pernikahan Budak Rizieq Shihab

Merdeka. com – Lurah Petamburan, Setiyanto mengatakan, zaman ini telah berkoordinasi dengan badan acara pernikahan anak pimpinan Depan Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Ini terkait penerapan protokol kesehatan tubuh dan membludaknya pengunjung.

“Kami berupaya memberikan imbauan melalaikan spanduk untuk penerapan protokol kesehatan tubuh dan berkoordinasi dengan panitia buat pemasangan fasilitas cuci tangan, ” katanya saat dihubungi Liputan6. com, Jumat (13/11).

Selain itu, dia menyebut, kawasan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang tidak berstatus dalam zona merah virus Corona atau Covid-19. Sedangkan rumah Rizieq berlokasi di RW 04, Petamburan.

“Tanah Abang telah tidak ada zona merah, ” jelasnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan resepsi pernikahan sudah diperbolehkan untuk kembali digelar dengan kapasitas 25 persen saat pelaksanaan PSBB masa transisi.

Selain itu kata dia, untuk pengelola gedung atau hotel sebagai letak penyelenggaraan harus mengajukan permohonan pada Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Resepsi pernikahan yang dimungkinkan diberlakukan dengan beberapa syarat, di antaranya kapasitas 25 komisi dari kapasitas gedung atau bagian pertemuan dan pihak pengelola gedung diminta mengajukan proposal terkait protokol kesehatan, ” kata Riza di Balaikota, Jakarta Pusat, Senin (9/11/2020).

Sedangkan untuk perjamuan pernikahan di rumah ataupun langgar hingga gedung pertemuan juga harus mengajukan proposal kepada Pemprov DKI Jakarta. Kata dia, hal terpenting yakni pengajuan tersebut berdasarkan ketentuan protokol kesehatan yang telah ditentukan.

“Yang ajukan bisa perorangan kalau di rumah-rumah, perkampungan, yang penting semua ajukan proposal sesuai ketentuan, ” ucapnya.

Lanjut Riza, setiap pemimpin atau penyelenggara harus membuat koalisi integritas pelaksanaan protokol kesehatan. Semrawut pengawasan dapat dilakukan oleh bagian internal dan eksternal.

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6. com [fik]